Langsung ke konten utama

Jalan-Jalan ke Perpustakaan Kota "Grhatama Pustaka"

Area koleksi buku umum
Sebagai seorang editor rangkap writer, saya harus punya banyak referensi untuk buku yang saya kerjakan. Membaca dan browsing adalah dua aktivitas yang tidak bisa dipisahkan dari keseharian saya. Buku-buku di kantor sebenarnya cukup banyak dan internet yang lancar jaya juga tersedia. Tapi, rasanya mata ini butuh refreshing sebentar setelah beberapa hari ini pekerjaan cukup menguras tenaga. Jadilah kemarin malam saya bersama rekan satu kantor pergi ke perpustakaan kota.

Perpustakaan kota terletak di Jalan Janti, Banguntapan, Bantul. Cukup dekat dengan tempat tinggal saya sekarang. Hanya butuh naik motor lima menit, dan sampailah kami di perpustakaan. Ini pertama kali kami berkunjung kesini. Perpustakaan buka dari jam 08.00 sampai jam 21.30. Kami tiba pukul 18.30 jadi masih cukup waktu untuk kami berkeliling perpustakaan. Meskipun demikian, kemarin saya baru sempat untuk sweeping di area baca lantai dua. Saran untuk kalian yang ingin berkunjung ke sini, datanglah sebelum jam empat sore, sebab setelah jam empat sore beberapa bagian dari perpustakaan akan ditutup. Jadi, selepas jam empat, hanya ruang baca lantai dua dan tiga saja yang masih terbuka untuk umum.


Area lobi
Dari segi bagunan, perpustakaan ini cukup artistik dan megah, beda dengan perpus yang pernah saya kunjungi sebelum-sebelumnya. Ada banyak ukiran tulisan jawa di setiap tiang bangunan. Di perpustakaan ini, banyak area yang bisa kalian kunjungi, seperti area baca di dekat lobi, area koleksi buku umum, area koleksi bacaan anak-anak, area taman, free hotspot, dan area gazebo yang terletak di belakang gedung perpustakaan (mungkin ada area lain lagi yang belum saya ketahui, soalnya belum sepernuhnya berkeliling di perpustakaan ini). Perpustakaan ini cukup bersih, sehingga pengunjung merasa nyaman dan betah berlama-lama di sini.

Koleksi yang disimpan di perpustakaan ini cukup beragam, mulai dari bidang politik, sains, agama, satra, teknik, kuliner, kesehatan, dan sebagainya. Usia buku yang disimpan pun juga sangat variatif, dari buku jadul hingga terbitan baru ada disini.

Bangunan tampak dari luar di malam hari
Sebenarnya kami sangat ingin meminjam buku di perpustakaan ini. Tapi sayang, kami bukan domisili Jogja, dan juga bukan lagi mahasiswa. Jadi kami tidak bisa mendaftar sebagai member perpustakaan, kecuali kami bawa surat keterangan dari kantor. Ya sudahlah, cukup dibaca di tempat saja.

Oh ya, beruntung kemarin ketika kami berkunjung masih ada festival permainan tradisional di sisi samping lobi. Jadilah kami mampir kesana dan melihat beberapa permainan tradisional yang dipamerkan, seperti gasing, egrang, dakon, ular tangga, dan masih banyak lagi. Permainan ini cukup mengingatkan saya sewaktu kecil dulu. :)
Oke, demikian sedikit cerita jalan-jalan ke perpus kota. Tempat ini recommended banget bagi kalian yang ingin mencari tempat asyik mengerjakan tugas, belajar, browsing, mencari referensi, ataupun sekedar jalan-jalan. Silakan berkunjung ke sini :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Faktor Luck

Apakah Anda percaya dengan Faktor luck ? Bicara soal faktor luck atau keberuntungan, rasanya memang benar adanya. Selama saya hidup, beberapa kali saya merasakan hal yang diluar dugaan saya sebelumnya. Hidup memang kadang diatas, kadang dibawah, seperti roda yang terus berputar. Kadang senang, kadang sedih, atau merasa keduanya, seperti ketika posisi kita tak juga dibawah ataupun diatas. Begitulah mungkin bisa saya sebut ketika saya berada diposisi bawah maka saat itu saya sedang tak beruntung. Dan jika posisi kita berada diatas saat itu saya sedang beruntung. PART 1# KEBERUNTUNGAN Selama satu semester ini, saya mengalami beberapa kali kejadian yang menurut saya itu bergantung pada faktor luck tadi. Pertama, saat saya mengirimkan tulisan ke redaksi kompas, yang notabene koran nasional yang mempunyai jutaan pembaca. Waktu itu saya mengirim beberapa pertanyaan untuk tokoh yang akan dimuat di koran kompas, yaitu artis Ario Bayu. Beruntung, dari sekian banyak pertanyaan pembaca...

Dadakan jadi Santri

Lulus dari kampus, pantang menganggur. Itulah prinsip yang saya pegang sampai saat ini. Jadilah sebelum lulus saya keranjingan apply beasiswa sana sini karena memang pengin kuliah lagi. Tapi apa daya, belum berjodoh. Beralihlah saya kebingungan cari aktivitas, mulai dari masak-masak di rumah, apply kerja, dan apply event-event yang menurut saya bakalan bermanfaat banyak. Siang itu, ketika mengobrol dengan mbak Qon di kosan, sebuah broadcast di grup alumni tentang Program Khusus Ramadhan (PKR) di pondok pesantren Al Munawwir menarik perhatian saya. Santri PKR putri di depan masjid pondok Secepat kilat saya mengirim pesan itu kepada emak saya di rumah terkait hal itu. Tak disangka emak saya justru menyarankan saya untuk ikut program tersebut. Sebenarnya dari tiga bersaudara, saya lah yang paling ndugal alias ndak kenal pondok sama sekali. Bapak dan emak saya punya basic pondok, pun kedua adik saya adalah santri pondok. Mungkin itu sebabnya bapak dan emak saya sangat merestui ...

Rasanya Kuliah di Korea? (Part 2, Belajarlah!)

Selamat datang bagi kalian yang baru pertama kali singgah di blog saya. Halo... Lanjut ke part 2 ya... bagi yang belum baca part 1 dan cerita-cerita lain, silakan habis ini lanjut ke tulisan-tulisan itu. :)) Nah di part ini saya akan lebih membahas yang kaitannya dengan kuliah atau hal akademik. Pas awal-awal kuliah di sini, tips mudahnya adalah akrabkan diri dengan mahasiswa Indonesia yang ada di sini, room-mate, dorm-mate, dan labmate. Why? Kalian akan membutuhkan banyak bantuan dari mereka, percayalah! Orientasi kampus Hari pertama kuliah, tentu saja isinya orientasi dari kampus. Orientasi seputar gambaran kehidupan kampus, manner, dan kebijakan-kebijakan yang ada di kampus maupun di Korea secara umum. Awal-awal di kampus, jangan biarkan dirimu terkurung di kamar asrama, keluarlah! Lihat-lihat suasana kampus, gedung-gedung kampus, dan tentu saja tempat-tempat di sekitar kampus. Hafalkan letak tempat-tempat penting di kampus, misalnya ruang lab, international office, stu...